Rincian rencana pembelajaran dan
bahan ajar ARITMETIKA SOSIAL
STANDAR KOMAPETENSI; Menggunakan bentuk aljbar, persamaan
dan PtLSV, perbandingan dalam pemecahan masalah.
Kompetensi dasar
|
Indikator pencapaian
|
nilai karacter
|
tujuan pembelajaran
|
Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah yang berkaitan
dengan aritmetika sderrhana
|
Menentukan besar dan persentase untung rugi, harga beli, harga jual,
rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi
|
-
Jujur
-
Tekun
-
Rajin
bekerja
-
kreatif
|
1.Menentukan nilai keseluruhan dan perunit
2. Menentukan keuntungan,kerugian, harga pembelian dan harga
penjualan
3. Menentukan persentase keuntungan dan penjualan
4.Menjelaskan tentang diskon dan besar diskon serta persentase
diskon.
5. Menjelaskan broto,tarra dan netto.
6.Menentukan besar bruto,tarra dan netto.
7.Menentukan bunga tabungan dan persentase bunga tabungan .
8.Menentukan angsuran pinjaman,dan persentase bunga pinjaman.
|
Catatan Tujuan (1,2,3) dilaksanakan 3 JP Tujuan (4,5,6) dilaksanakan
2 JP dan tujuan (7 dan 8) dilaksakan 3 JP ditambah ulangan harian 2 JP
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah :
SMP NEGERI 3 SUMBAWA
Kelas : VII
Mata pelajaran:
Matematika
Semester ; 1
Kompetnsi dasar 3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam
pemecahan masalah aritmetika social sederhana.
Indikator : Dapat menentukan besar dan
persentase untung, rugi, harga beli, harga jual, rabat
(diskon) bunga
tunggal, dalam kegiatan ekonomi sederhana.
A. Tujuan pembelajaran
Pertemuan pertama 3 JP= 3x 40 menit
1.Menentukan nilai keseluruhan dan perunit
2. Menentukan keuntungan,kerugian, harga pembelian dan harga
penjualan
3. Menentukan persentase keuntungan dan penjualan
Pertemuan ke dua 2 JP= 2 x 40 menit
4.Menjelaskan tentang diskon dan besar diskon serta
persentase diskon.
5. Menjelaskan broto,tarra dan netto.
6.Menentukan besar bruto,tarra dan netto.
Pertemuan ke tiga 3
JP = 3 x 40 menit
7.Menentukan bunga tabungan dan persentase bunga tabungan .
8.Menentukan angsuran pinjaman,dan persentase bunga
pinjaman.
Pertemuan ke 4 2 JP=
2 x 40 menit (ulang an harian)
B. Karacter yang diharapkan yaitu Rajin belajar, jujur,
disiplin dan bertanggung jawab
C. Materi ajar : Aritmetika social (Bahan ajar terlampir)
D. Metode pembelajaran:
Ceramah, diskusi kelompok, pemberian tugas
E. Langkah – langkah kegiatan
Pertemuan pertama 3
JP= 3 x 40 menit
tahapan
|
kegiatan guru
|
kegiatan siswa
|
kegiatan pendahuluan
|
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Menjelaskan tentang pentingnya materi ini
untuk kehidupan sehari- hari anak
|
-memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai
|
kegiatan inti
|
-memberikan contoh kejadian sehari-hari yang melibatkan harga
keseluruhan, perunit(satuan), harga beli, harga jual , situasi untung dan rugi.
- Memberikan tugas wawancara ke kantin sekolah berdasarkan LKS.
-Mengarahkan siswa untuk merumuskan hubungan untung,rugi,harga beli
dan harga jual.
-Menjelaskan cara menghitung persentase untung dan rugi.
-Bertanya kepada siswa tentang pemahamannya terhadap materi ini.
-Dilakukan latihan beberapa soal
tingkatan rendah.
|
-memahami
-bersama kelompok mewawancarai ibu kantin dan menulis hasilnya di
LKS.
-bersama kelompoknya siswa menentukan besar untung.
- siswa mencatat beberapa konsep yang tertulis di papan tulis.
-Siswa yang dapat menjawab, mengerjakan ke depan.
|
Kegiatan penutup
|
-Bertanya tentang hubungan harga beli,harga jual,situasi disebut
untung, dan rugi.
-Memberikan tugas rumah
-Menginformasikan materi berikutnya dan memotivasi siswa untuk
belajar di rumah.
|
-Menjawab secara lisan
-Mencatat tugas yang diberikan.
|
Pertemuan ke dua (2JP=2 x 40 menit)
tahapan
|
kegiatan guru
|
kegiatan siswa
|
kegiatan pendahuluan
|
-
Membahas PR yang sulit.
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Menjelaskan tentang pentingnya materi ini
untuk kehidupan sehari- hari anak
-
Mengingatkan kembali tentang perkalian pecahan
dengan persen.
|
- Saling mengkoreksi dengan teman sebangku.
-memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai
|
kegiatan inti
|
-Bertanya kepada siswa apakah pernah mendapat diskon selama
berbelanja.
- Menjelaskan besar diskon,dan mengarahkan siswa untuk membuat
hubungan besar diskon dari harga jual
suatu barang
-Menjelaskan tentang bruto, tarra, netto, hubungan broto,tarra dan
netto,serta member contoh penggunaan dalam menyelesaikan permasalahan
sehari-hari.
-Bertanya kepada siswa tentang pemahamannya terhadap materi ini.
-Dilakukan latihan beberapa soal .
|
-menjawab pertanyaan guru
-
siswa mencatat beberapa konsep
yang tertulis di papan tulis.
-Siswa yang dapat menjawab, mengerjakan ke depan.
-Siswa menjawab pertanyaan guru dengan lisan.
-Siswa mengerjakan soal latihan
|
Kegiatan penutup
|
-Bertanya tentang hubungan harga jual,besar diskon jika persentasenya
diketahui.
-bertanya secara lisan tentang konsep bruto,tarra,netto, dan membuat
hubungannya.
-Memberikan tugas rumah
-Menginformasikan materi berikutnya dan memotivasi siswa untuk
belajar di rumah.
|
-Menjawab secara lisan
-Mencatat tugas yang diberikan.
|
Pertemuan ke 3 (3 JP= 3 x 40 menit)
tahapan
|
kegiatan guru
|
kegiatan siswa
|
kegiatan pendahuluan
|
-
Membahas PR
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-
Menjelaskan tentang pentingnya materi ini
untuk kehidupan sehari- hari .
-
Mengingatkan kembali tentan perkalian pecahan.
|
-Saling memeriksa dengan teman
sebangku.
-memahami tujuan pembelajaran yang harus dicapai
|
kegiatan inti
|
- Menjelaskan cara menghitung bunga tabungan jika persentase bunga
pertahun diketahui.
-Menjelaskan cara menghitung besar angsuran pinjaman, jika besar
bunga pinjaman dan bunga pinjaman diketahui.
-Memberikan tugas kelompok.
-Menunjuk beberapa kelompok untuk menuliskan hasilnya dipapan tulis.
-Bertanya kepada siswa tentang pemahamannya terhadap materi ini.
|
-memahami dan mencatat
beberapa konsep yang disampaikan guru.
-bersama kelompok siswa mencoba mengerjakan soal pada LKS.
-Kelompok yang sudah selesai mengerjakan hasilnya ke papan tulis.
-Siswa yang dapat menjawab, mengerjakan ke depan.
|
Kegiatan penutup
|
-Bertanya tentang hubunganbesar tabungan dalam jangka waktu tertentu,
jika besar tabungan awal dan besar bunga diketahui..
-Memberi beberapa soal untuk melihat tingkat pemahaman siswa secara
individu.
-Memberikan tugas rumah
-Menginformasikan materi berikutnya dan memotivasi siswa untuk
belajar di rumah.
|
-Menjawab secara lisan
- mengerjakan soal.
-Mencatat tugas yang diberikan.
|
F. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Sumber : buku
Matematika Pt.Intan Pariwara, Buku Matematika Airlangga,Bandung
Alat dan bahan: Laptop, LCD, LKS
G. PENILAIAN HASIL BELAJAR
PERTEMUAN KE 4
Indikator pencapaian tujuan pembelajaran
|
teknik penilaian/bentuk instrument
|
Instrumen/ soal
|
pedoman penilaian
|
1.Menghitung nilai perunit jika nilai keseluruhan diketahui.
|
tes tulis/ uraian berstruktur
|
1. Jika harga 1 lusin buku Rp 18.000,00 maka harga 1 buku adalah …
|
1 lusin = 12
harga 1 buku= harga seluruh buku : 12
= 18.000 : 12
= 1500.
|
2.Menghitung persentase untung jika harga beli dan harga jual
diketahui.
|
tes tulis/Uraian
|
2.
|
|
3.Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bruto,tarra dan netto
dan besar untung atau rugi dalam perdagangan.
|
|||
4. Menentukan besar persentase diskon jika harga penjualan dan
potongan harga diketahui.
|
|||
5.Menentukan besar angsuran pinjaman jika modal awal , lama pinjaman
dan besar bungan diketahui.
|
|||
6. Menentukan jumlah tabungan setelah tahun ke x jika tabungan awal
dan besar bunga tabungan dikeetahui.
|
Mengetahui
Sumbawa besar , Oktober 2012
Kepala SMP Negeri 3 Sumbawa
Guru mata pelajaran Matematika
(Abd. Majid.S.Pd)
(A N D R I A N I. S.Pd)
NIP.19531209 197903 1010
Nip.19731126 199802 2 004
LEMBAR KERJA SISWA ( Pertemuan pertama)
Tujuan : 1. Menentukan nilai keseluruhan dan nilai (harga ) perunit
2.
Menentukan harga beli, harga jual ,dan besarnya Untung
3.Menentukan kondisi yang dapat mendapatkan kerugian
Nama barang
|
harga 1 dos
(nilai keeseluruhan)
|
banyak isi dalam 1 dos
|
hargabelil per-satua-an
(Harga beli per unit)
HARGA BELI
|
Harga jual per unit
(HARGA JUAL
|
besar untung)
|
Persentase untung
(
|
Selain mengisi tabel di atas, kamu
harus menanyakan kepada ibu kantin
“Apakah pernah rugi?
Kenapa?” Tulislah jawabannya, dan buat hubungannya antara untung, rugi, harga
beli dan harga jual, dengan mengisi petunjuk
berikut :
1. Jika harga Jual
> Harga beli maka seorang
pedagang menjadi ….. dapat dirumuskan Harga beli – harga jual =
….
2. Jika harga jual < harga beli maka seoran pedagang
menjadi …. Dapat dirumuskan harga
jual- harga beli = …..
LEMBAR KERJA SISWA pertemuan ke
dua (2 JP= 2 x40 menit)
Tujuan : 1.Menghitung besar diskon jika persentase diskon
diketahui
2.
Menghitung besar persentase diskon jika besar diskon diketahui.
3.
Menentukan besar broto, tarra dan netto jika salah satunya ditanyakan
4.
Menngunakan pemahaman tentang bruto,tarra dan netto untuk menyelesaikan masalah
dalam perdagangan sederhana.
Tabel 1. Pada saat lebaran toko QOYANA memberi diskon kepada pelanggannya , tergantung dari
jenis barangnya .
Jenis barang
|
harga penjualan
|
Besar diskon
|
persentase diskon
|
Banyak Tia harus membayar
|
1 celana laki
|
175.000
|
20%
|
||
1 gamis
|
250.000
|
15%
|
||
1 Baju muslim anak
|
160.000
|
10%
|
Tabel 2.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar